oleh

Hadiri Istighosah dan Bersholawat Harlah 1 Abad NU, Ini Harapan Kapolres Meranti

Meranti | IP.net — Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Senin (6/2/2023) malam, menghadiri acara Meranti Istighosah dan Bersholawat sempena 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) di halaman surau Agung, Jalan Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Kegiatan Meranti Istighosah dan Bersholawat Sempena 1 Abad NU merupakan agenda tahunan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan sekaligus menjalin silahturahmi dengan masyarakat.

Ketua Panitia, KH Mardio Hasan , dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka 1 abad NU adalah pembuktian ungkapan rasa syukur.

“Momentum satu abad NU mengingatkan perjuangan pendiri terdahulu dan ulama yang telah menjaga keutuhan NKRI tanpa pamrih ataupun kepentingan dunia. Untuk itu, ini menjadi tugas pengurus NU dari pusat sampai desa dan banom-banomnya, serta warga Nahdiyin melanjutkan perjuangan kebajikan,” kata Mardio.

Lebih lanjut, Ketua Pengurus Cabang (PCNU) Kepulauan Meranti, Ramlan Abdullah, menuturkan kegiatan istiqhosah itu bertujuan untuk meminta pertolongan Allah agar terus menaungi Nahdlatul Ulama serta warga nahdiyin dalam memasuki detik-detik usia 1 abad.

Nahdlatul ulama, jelasnya, telah berdiri sejak 31 Januari 1926 Masehi atau bertepatan dengan 16 Rajab 1344 Hijriyah. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, kontribusi NU dalam pembangunan bangsa juga selalu terlihat dari waktu ke waktu.

“NU ikut berperan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk keterlibatannya di dalam menjaga persatuan dan kesatuan umat,” ujarnya.

Dr Imam Ghozali selaku Ketua MUI dan Pengurus PCNU menjelaskan tentang visi dan misi NU adalah melanjutkan misi dakwah Nabi Muhammad yang humanis, toleran, menghargai perbedaan yang hidup ditengah masyarakat sebagaimana zaman nabi hidup berdampingan muslim, yahudi, nasrani dan majuzi. Disamping ikut bersama mempertahankan NKRI sebagai wujud syukur kepada Allah.

“Kami sangat berterima kasih atas kedatangan dan kerjasama yang baik antara Kapolres dengan masyarakat nahdiyin. Kami dari NU siap membantu dan kerjasama program Kapolres dalam mensukseskan program program pemerintah,” sebutnya.

Lebih lanjut, mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kepala Dinas Pendidikan Suardi MPd, mengajak seluruh undangan untuk mendoakan masyarakat dan daerah ini agar selalu dalam lindungan Allah, diberi keselamatan dan kemaslahatan bersama.

“Mari kita bersama berdoa agar disetiap aktifitas keseharian kita, program, tujuan, dan cita-cita masyarakat Meranti di mudahkan oleh Allah,” ajaknya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Andi Yul di kesempatan tersebut mengajak NU untuk terus meningkatkan kerjasama antara dengan jajaran kepolisian, baik dari tingkat kabupaten yakni Polres Meranti maupun dengan Polsek jajaran.

“Jalin terus silaturahmi¬†yang intens antara para Kyai dengan seluruh anggota Polri. Karena hal tersebut akan membuat Polri dan NU mampu dengan mudah mendeteksi gejolak dan permasalahan paham keagamaan di wilayah kita. Terutama paham-paham garis keras yang akan terus melakukan penetrasi melalui media digital, terutama media sosial untuk merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Selanjutnya, Kapolres juga mengajak NU tetap menjaga persatuan dan kesatuan dilingkup internal maupun antar organisasi lainnya dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

“Kami dari Polres mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus dan anggota NU Kepulauan Meranti yang sudah ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga situasi saat ini dalam keadaan aman dan kondusif,” ucap Andi Yul.

Untuk diketahui, Istighotsah 1 Abad NU tersebut dipimpin KH Mungidan Al Hafiz, sedangkan doa bersama dipandu oleh KH Mustafa, serta KH M Dalhar yang memimpin pembacaan Umul Quro.

Kegiatan diawali dengan ziarah kubur mbah Afandi Mursyid, Torikoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah pada sorenya dan pembacaan Sholawat Syimtu Duroh setelah salat magrib berjamaah.

Ikut hadir dalam acara itu, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, Posal Selatpanjang Serda Supriyanto, Kadiskes Muhamad Fahri SKm, Rois Syuriah NU KH M Dalhar, Katib NU sekaligus Ketua Ansor KH M Shodiq, pengasuh ponpes Al Muawanah KH M Nurdin, pengasuh ponpes Raudhatul Quran KH M Mustofa.

Kemudian, pengasuh ponpes Al Aqabah KH Khusairi, pengasuh ponpes Al Kausar KH Ma’ruf Syafi’i, pengasuh ponpes Hidayatul Muttaqin KH M Irham, pengasuh ponpes Al Husna KH Samsul Muin, para Staf Ahli Pemkab Kepulauan Meranti, Ketua Baznas KH Mardio Hasan, Camat Tebingtinggi Barat Syafrizal Ahmadi, para Kades, dan ratusan masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *