oleh

BPC GMKI Tambolaka Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik

TAMBOLAKA – Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Badan Pengurus Cabang (BPC) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tambolaka Masa Bakti (MB) 2021-2023. Bertempat di Gedung RWC, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kamis (02/11/2021).

Dalam Sambutannya, Ketua Cabang GMKI Tambolaka MB 2021-2023 Irwan Sili U. Sabaloku menyampaikan bahwa GMKI sebagai gerakan pemikiran dengan semangat oikumenisme dan nasionalisme menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, Bhineka Tunggal Ika yang berpedoman pada Pancasila dan terus mewujukan Syalom Allah di muka bumi ini.

“Kedepan kami akan bangun mitra dengan OKP-OKP yang ada di SBD untuk melakukan perubahan-perubahan kecil yang berdampak besar untuk SBD,” ungkap Irwan.

Sementara itu, Ketua Cabang GMKI Tambolaka MB 2019-2021 Ishak Charles Umbu Mimira berpesan kepada BPC yang baru dilantik agar tetap menjaga eksistensi GMKI Tambolaka dalam melakukan pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Ia berharap agar GMKI lebih baik lagi dari masanya.

“Dalam waktu dua tahun kedepan saya percaya kepada teman-teman yang hari ini baru dilantik akan membawa GMKI Tambolaka ke tiga medan layan yang lebih baik lagi. Saya berharap GMKI Tambolaka tetaplah melakukan pelayanan dengan tulus,” pungkas Ishak.

Sementara itu, Senior GMKI, Ratu Ng. B. Wulla, ST mengatakan bahwa pemuda harus memulai dari sekarang, karena kemajuan bangsa tiga puluh tahun kedepan tergantung pada pilihan pemuda saat ini.

“Siapapun anda 30 tahun kedepan di mulai dari saat ini dengan mengambil langkah untuk berproses dan berjuang terus dan apapun jabatan kita, itu tidak akan membatasi kita untuk menjadi kader,” Ratu Wulla.

Lebih lanjut, Ratu Wulla menyampaikan tiga pesan penting untuk BPC yang baru dilantik.

Pertama, kalian harus mempunyai komitmen. Sebesar apapun tanggungjawab yang kalian pikul saat ini, jangan jadikan itu sebagai beban dan kalian jangan hanya bangga punya jabatan tetapi jadikan jabatan itu untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan berpegang pada Komitmen yang telah kalian tanamkan dalam diri kalian masing-masing.

Kedua, Bersinergi. Sebagai organisasi yang hidup di dalam masayarakat, kalian harus bangun kerjasama baik itu internal antara BPC dengan anggota dan anggota dengan senior-senior maupun eksternal antara GMKI dengan OKP-OKP lain, pemerintah, masyarakat dan gereja.

“Orang-orang yang ada di GMKI adalah orang yang berkualitas. Walaupun kita punya keterbatasan dan serba kekurangan namun dengan adanya kerjasama dan bangun komunikasi yang baik antar semua pihak maka semuanya akan berkecukupan dan semuanya akan terselesaikan dengan baik” kata Ratu.

Ketiga, Berdampak. GMKI harus berdampak. Keberadaan GMKI harus memberikan warna yang baru, dengan menghadirkan ide-ide dan gagasan yang luwes sehingga GMKI bisa berdampak untuk lingkungan sekitar. GMKI juga harus kritis tetapi kalian tidak boleh terpropokasi dengan hal-hal yang belum jelas.

“GMKI harus menempatkan posisinya sebagai organisasi yang berkualitas dan mampu mengkritisi hal-hal yang sudah jelas permasalahannya,” pungkas Ratu.

Sekretaris Umum GMKI Michael Anggy mengucapkan selamat untuk BPC GMKI Tambolaka MB 2021-2023, dirinya memberikan semangat agar GMKI Tambolaka hadir untuk menyampaikan Syalom Allah di Bumi Marapu khususnya dan Indonesia pada umumnya, sebagaimana GMKI hadir di tiga medan layan, yakni Gereja, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat.

“Kita tidak bisa menilai sesuatu hanya dari awal, kita ikuti prosesnya setelah itu kita bisa menilainya, dan pesan saya bahwa GMKI Tambolaka harus bangun sinergi yang baik. GMKI Tambolaka bukan hanya melakukan perekrutan anggota baru saja atau melakukan Pendalaman Alkitab (PA) sebagai rutinitas GMKI, tetapi lakukanlah sesuatu yang lebih, seperti Pendampingan Desa, Sosialisasi atau penyuluhan dan lain sebagainya. Dengan begitu GMKI Tambolaka bisa menjadi berkat untuk Sumba ini khususnya SBD,” ungkap Anggy.

Michael juga menekankan bahwa apapun masalah yang terjadi di daerah, harus saring dulu baru sharing.

Sebelumnya, kegiatan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdt. Ariyanto Bili, S.Th. Dalam khotbahnya, Pdt. Aryanto mengatakan, jika kita mengamati kehidupan kita, maka kita akan temukan ada orang yang biasa disebut sebagai pembimbing, pengurus, penggerak, pemuka atau istilah yang populer adalah pemimpin dalam kehidupan ini.

“Seseorang yang memiliki kelebihan atau kemampuan tentu dalam menjalani kehidupan ini akan mampu mempengaruhi orang lain dalam melakukan aktifitas secara bersama-sama dengan tujuan untuk saling membangun dan membantu,” ungkap Pdt Yanto

Pdt. Yanto juga dalam kesempatan tersebut banyak memberikan penguatan kepada pengurus lama dan pengurus baru GMKI Tambolaka.

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau, (Ulangan 31:6).” tandasnya.

(DS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *