oleh

Dalam Sambutannya Pj Bupati Barsel Minta Batamad Dapat Menjaga Kearipan Lokal

Barito Selatan| IP.net– Pj Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah meminta Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) agar dapat menjaga kearifan lokal dan harkat martabat adat dayak yang sudah menjadi ciri khas Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah dengan semboyan Rumah Betang.

“Mari jaga kekompakan dan kebersamaan dalam menjalankan tugas pokok Batamad dalam menjaga harkat dan martabat utus dayak, serta tetap menjaga kearifan lokal suku dayak,” ujar Lisda Arriyana Pj Bupati Barsel saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Batamad zona Kecamatan Dusun Hilir periode 2022-2027 oleh Komandan Brigade Batamad Barsel Marcopolo RG SH. Minggu (07/08/2022).Siang

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab Batamad sangatlah penting dan besar ucapnya untuk berkontribusi dalam pembangunan suatu Daerah.Untuk itu pengurus Batamad zona Dusun Hilir haruslah mampu mendukung peningkatan kinerja organisasi dalam mewujudkan kemajuan Daerah secara umum tanpa meninggalkan atau mengesampingkan jati diri masyarakat  dayak pada khususnya.

Kemudian lanjut dia, mengawal keputusan damang dalam lembaga adat dan ikut serta menjaga keamanan seluruh masyarakat khususnya masyarakat adat dayak Dusun Hilir serta menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Kabupaten yang bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

“Batamad sebagai sebuah lembaga yang menjunjung tinggi  nilai-nilai kearifan lokal serta tetap menjaga marwah lembaga sebagai utus dayak,sehingga terwujud visi misi pemersatu dan pemberdayaan masyarakat hukum adat dayak,” pungkas Marcopolo RG.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *