oleh

Pemdes Desa Mangaris Galakan Pemberdayaan 4 Jenis ikan

Barito Selatan | IP.net — Melalui Dana Desa ( DD) Tahun 2023 Pemerintah Desa (Pemdes) Mangaris kecamatan dusun selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggalakkan pemberdayaan 4 (empat) jenis ikan, yakni, Nila, Patin, Gurami, dan Lele.

Semua program itu dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah desa setempat dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat yang nantinya akan dibagikan kepada 10 kelompok yang sudah terbentuk di desa setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Desa (Kades) Mangaris Adrianus, saat di wewancarai media ini di balai desa Rabu siang (08/03/2023) kurang lebih pukul 10.15 WIB.

“Program itu berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah desa baik itu RT, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda, dengan kesimpulan menganggarkan sumber DD Tahun anggaran 2023,” kata pria yang akrab disapa Idin itu.

Dijelaskan dia, sehingga program budidaya 4 jenis ikan tersebut masuk ke Aplikasi sistem keuangan desa ( siskuedes) yang telah di program BPKP baik dari perencanaan hingga tahap pelaporan serta pertanggung jawaban Sumber Dana desa DD yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu di Kota Buntok kabupaten Barito Selatan

“Sehingga program penyaluran Budi daya bibit ikan terpantau bersama antara pemdes bersama pihak kabupaten Barito Selatan terkait sumber dana yang ada

“Adapun bibit yang di berikan kepada kelompok warga yang ada dan berkelanjutan dari balai benih perikanan palu Rejo kecamatan Gunung Bintang Awai,”ucapnya, kades

Dengan harapan bagi warga yang berkelompok yang mendapat bantuan bibit ikan, dapat mengelola dengan Produktif sehingga dapat mensejahterakan ekonomi rumah tangga. Program ini, kiranya dapat memberikan manfaat mengatasi inflasi saat ini.

Pewarta: Muliadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *