oleh

BIN Aceh Tamiang Targetkan Vaksinasi Santri Dayah Misbahur Rasyad AL-Aziziyah

Aceh Tamiang | IP.net — Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar vaksinasi massal COVID-19 untuk santri di Kompleks Dayah Misbahur Rasyad AL – Aziziyah di Kampung Benua Raja Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (18/12/21).

Kepala Pos Badan Intelijen Negara Daerah Aceh Tamiang, M. Iqbal. S mengatakan, vaksinasi massal Covid-19 ini dilaksanakan bermaksud untuk mempercepat capaian target vaksinasi secara nasional dan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) hingga akhir Desember 2021 mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan semua elemen masyarakat termasuk Puskesmas Rantau, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang dan TNI-Polri bersinergi untuk melaksanakan program pemerintah guna mencapai target herd immunity,” ujar Iqbal.

Menurutnya, saat ini masyarakat perlu didorong bangkit dan maju untuk dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari menuju kehidupan yang normal.

Melalui vaksinasi, maka akan terbentuk ketahanan dan kekebalan tubuh dalam mencegah virus Covid-19, sehingga secara nasional di akhir Desember 2021, penduduk Indonesia bisa tervaksinasi mencapai sebesar 70 persen, sebutnya.

Ia juga mengakui terkait banyaknya beredar berita hoaks tentang vaksinasi COVID-19 yang menyesatkan di masyarakat. Namun dirinya mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan informasi yang tidak jelas sumbernya.

“Beliau juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para santri dan santriwati serta masyarakat agar tidak mudah termakan isu atau berita hoaks, karena vaksinasi itu penting untuk masyarakat agar bisa menjadi masyarakat yang sehat, kuat, tangguh dan terhindar dari COVID-19,” tutup Iqbal.

Pantauan IP.net, meskipun diguyur hujan lebat, para santri dan santriwati sangat antusias untuk mengikuti pelaksanaan vaksinasi massal yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib tersebut.

Informasi yang dihimpun, adapun jumlah santri dan santriwati yang mendaftar untuk divaksin sebanyak 277 orang.

Kemudian 31 orang tertunda dikarenakan tidak mencukupi persyaratan untuk divaksin, diantaranya, 25 orang mengalami gangguan ISPA, 3 orang Hipertensi dan 2 orang mengalami gastritis/alergi.

Sedangkan jumlah santri dan santriwati yang telah divaksin sebanyak 246 orang, dosis 1 Sinovac 204 orang dan dosis 2 vaksin Sinovac sebanyak 42 orang.

Pelaksanaan vaksinasi massal terhadap santri dan santriwati tersebut turut didampingi oleh Pimpinan Dayah Misbahur Rasyad AL – Aziziyah T. Nur Miswari, SHI, M.Ag dan Kepala Puskesmas Rantau, Abdul Hakim, S. Kep serta para Vaksinator dan tenaga kesehatan UPTD Puskesmas Rantau.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *